PENDAHULUAN
Perdagangan elektronik yang disebut juga
e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk
melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan
internet dan komputer dengan browserweb untuk membeli dan menjual produk.
Pertukaran data dari bisnis ke bisnis (business-to-business) akan mendukung
e-commerce.
e-commerce
bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer) adalah pengembangan yang terakhir,
dan tampaknya kini semua orang berselancar di internet untuk membeli buku-buku
dan musik. Telepon yang ditemukan pada tahun 1876 dapat memberikan kita satu
perspektif. Kalangan bisnislah yang pertama kali menggunakan telepon, yang saat
itu terlalu mahal untuk dimiliki masing-masing rumah. Setelah telepon semakin murah,
maka menjadi sangat populer, dan bisnis mulai menciptakan cara-cara bagi
konsumen untuk menggunakan telepon dalam melakukan transaksi penjualan dan
jasa. Bisnis tumbuh dan berubah agar dapat mengambil keuntungan dari teknologi
baik teknologi itu berupa telepon atau World Wide Web.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Perdagangan elektronik (yang disebut juga
e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya
meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan
pemasok yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui internet.
Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan
sama. Dalam definisi luas kita ini, sustu transaksi bidang bisnis yang
menggunakan akses jaringan sistem berbasis komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser web akan
memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-COMMERCE DI LUAR BATAS
PERUSAHAAN
E-Commerce bisnis-ke-konsumen
(business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara
sebuah bisnis dan konsumen akhir produk; e-commerce bisnis-ke-bisnis
(business-to-business-B2C)mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada
pihak yang menjadi konsumen akhir. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian
dalam bidak teknologi informasi, sehingga situs web harus memberikan instruksi
dan bantuan.
Pemerintah
juga semakin meningkat partisipasinya dalam pemerintahan elektronik (yang
terkadang disebut e-gov).
MANFAAT-MANFAAT YANG
DIHARAPKAN DARI E-COMMERCE
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk
dapat mencapaiperbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini
diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama:



KENDALA-KENDALA E-COMMERCE
Ketika ditanyakan mengenai alasan dari
kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan tiga kendala dengan urutan sebagai
berikut:



RUANG LINGKUP E-COMMERCE
Pahamilah, bahwa e-commerce bersifat
dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa
bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWW.CENSUS,GOV
dan hubungkan ke halaman Web E-stats untuk mengetahui angka0angka e-commerce
yang terakhir.
Lebih
dari 21 persen penjual pabrik produksi AS ($843 miliar)pada tahun 2003
merupakan hasil dari e-commerce. Hampir 17 persen penjualan dari distributor
($730 miliar) adalah e-commerce.
E-commerce
memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS
karena memang menyumbangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam
segmen-segmen tersebut.
JALAN MENUJU E-COMMERCE
Kekita sebuah perusahaan merasa bahwa
manfaat yang diharapkan lebih besar dari pada biaya dan memutuskan untuk
mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa
implementasi yang akan dilakukan bisa juga merupakan suatu pekerjaan yang
besar. Rencana bisnis strategis akan
membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan
kompetitif.
INTELEGENSI BISNIS
(BUSINESS INTELLIGENCE)
Intelegensi Bisnis (Business Intelligence-BI)
adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungan
yang berinteraksi dengan perusahaan.
BASIS DATA EKSTERNAL
Perusahaan tidak harus mengumpuklan
informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting
yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
ThomasNet
(WWW.THOMASNET.COM) adalah salah satu
contoh dari sebuah basis data yang memberikan sejumlah besar informasi secara
gratis dan juga memberikan jasa dengan mengenalkan biaya. Thomas register
memberikan indeks untuk lebih dari 170.000 perusahaan AS dan Kanada dan dapat
digunakan untuk memperoleh informasi mengenai produk dan pemasoknya.
MESIN PENCARI
Suatu mesin pencari (search engine) adalah
suatu program komputer khusus yang menanyakan suatu kata atau kelompok kata
kepada pengguna untuk dicari. Konsumen yang tertarik pada e-commerce B2C sering
kali memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan
calon vendor.
Yahoo,(WWW.YAHOO.COM),
Excite (WWW.EXCITE.COM), Alta Vista (WWW.ALTAVISTA.COM), MSN (WWW.MSN.COM), Google (WWW.GOOGLE.COM), dan Askjeeves (WWW.ASKJEEVES.COM) adalah sebagian kecil
situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk
mencari informasi yang dapat diakses melalui web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Strategi
yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada
dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi
ini adalah sistem interorganisasional (interorgnizational
system-IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI,
yang merupakan singkatan dari electronic
data interchange (pertukaran data elektronik). EDI dianggap sebagai
subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional. Pertukaran data elektronik
adalah salah satu ccara untuk mendapatkan sistem interorganisasional.
Ekstranet, yang serupa dengan internet tetapi terbatas hanya untuk mitra-mitra
bisnis yang terpilih dan terpercaya, dibeberapa organisasi mulai menggantikan
EDI.
SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Perusahaan-perusahaan
yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.
MANFAAT
IOS
Sekutu
dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat
merealisasikan dua manfaat penting: efisiensi komparatif dan kekuatan
penawaran.

1.
Efisiensi internal.
2.
Efisiensi interorganisasional.

1.
Fitur-fitur produk yang unik.
2.
Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan
dengan penelitian.
3.
Meningkatkan biaya perpindahan.
EDI
EDI
terdiri atas transmisi langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format
struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan
mengelola jalur komunikasi (yang
kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai
jaringan bernilai tambah (value added
–VAN). Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan
dengan jalur komunikasi yang diminta, bagaimana ia seharusnya didukung, peluang
dan ancaman yang ditimbulkan dari jalur, dan barbagai pandangan-pandangan
berharga lainnya.
Ekstranet
Eksranet
(extranets) adalah cara lain membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya
informasi berbasis computer yang sensitive dengan menggunakan teknologi
informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Sekutu-Sekutu
Bisnis Proaktif Dan Reaktif
Ketika
sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapakan IOS, perusahaan tersebut dapat
melakukannya dalam cara proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong
partisipasi di dalam jaringan. Para partisipasi pada umumnya merespon dengan
cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan
IOS.
Pengaruh
penerapan
Dua
pengaruh bersifat internal dan dua pengaruh bersifat lingkungan.
·
Tekanan Kompetitif
Ketika
perusahaan berada di dalam suatu posisi yang buruk terhaadap para pesaingnya
aatau ketika asosiasi industry atau perdagangan memberikn tekanan yang kuat
kuat, perusahaan akan menerapkan IOS. Seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
·
Penggunaan kekuasaan
Ketika
sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain. Ia akan
proaktif dalam menerapkan IOS.
·
Kebutuhan Internal
Ketika
perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk
menigkatkaan operasinya, perusahaan tersebut kan melakukan pendekatan atas IOS
dengan cara yang proaktif.
·
Dukungan manajemen puncak
Tanpa
meliht apakah perusahaan tersebut bertindak dengan caara yang proaktif atupun
rektif, dukungaan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika
manfaat-manfaat yang signifikn dari IOS mengmbil bentuk yng tidak berwujud,
dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.
Manfaat-Manfaat Tidak
Langsung IOS
Beberapa
manfaat dari system interoragisasional seperti EDI dan ekstranet di dorong
secara langsung dari teknologi.
ü Mengurangi
Kesalahan
Dengan
tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam system,
kesalahan entri data dapat dikurangi.
ü Menurunkan
Biaya
Penurunan
biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang
berulng menghilangkan dokumenkertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran
dokumen kertas di dalam organisasi.
ü Meningkatnya
Efesiensi Operasional
Manfaat
IOS bagi efesiensi internal dn interorganisasional sebagian besar dimungkinkan
oleh EDI dan ekstranet. Dengn menggnti dokumen kertas pada masing-masing liran
dengan dokumen elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan untuk
menigkatkan efesiensi.
ü Menigkatnya
Kemampuan Untuk Bersaing
Kombinasi
antr turunny biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS,
menjadi para pesaing semakin sulit untuk menyamai produk-produk perusahaan
dalam hal biaya dan jasa yang ditawarkan.
ü Memperbaiki
Hubungan Dengan Sekutu Dagang
Melalui
penggabungan daalam suatu system formal dengan sekutu dagang, maka secara
alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai produk sampingan dari aktifitas
bisnis. Semua paartisifasi akan sadar mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang
sama dan memperoleh keuntungan bersama.
ü Memperbaiki
Layanan Pelanggan
Kecepatan
komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan member respons lebih cepat untuk
pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan berkurangnya
tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam berbelanja produk,
hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
STRATEGI B2C UNTUK
E-COMMERCE
·
Produk-produk
Digital
Dunia
hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari
internet. Lagu, album, film dan produk serupa dapat dibeli dari situs-situs Web
seperti Sony (WWW.LENDINGTREE.COM).
Satu
perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk
fisik melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai
di-download. Perbedan lainnya adalah
baahwa produk itu sendiri akan dipindah ke asset pembelinnya.
·
Produk-produk
fisik
Baraang-barang
fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya, harus harus
dikirimkan ke pelanggan. Berkembnagnya perusahaan-perusahaan pengiriman surat
atau barang swasta seperti FedEx dn UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran.
·
Penjualan
Maya Versus Campuran
Penjualan Maya
(virtual sales) adalah penjualan yang
dilakukan oleh sebuh perushaan yang tidaak mengoperasikan tempt berjualan fisik.Penjualan Campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan
memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat
membeli produk.
Salah
satu pembayaran atas pembelian yang semakin popular adalah PayPal. Pemjualaan
maya paling sering digunakan ketika perushaan tidak dapat membangun sebuah
tempat barjualan fisik atau menemukan tempt berjulan fisik yang layak secara
ekonomis. Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi brick-and-click.
·
Pemerintah
Elektronik
Sertifikt
pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajaak bumi dan banguna
yang belum dibayar.
LANGKAH
E-COMMERCE BERIKUTNYA
Tantangan
bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan; ia adalah
teknologi dibalik perdagangan. Banyak pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan
telepon seluler daripada menggunakan keyboard
computer. Kalangan pembisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimnpun tersedia
layanan telepon seluler.
Ø Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler
dan asisten digital pribadi (personal
digital assistant-PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel.
Aplikasi-aplikasi
awal m-commerce meliputi layanan berita, transaksi/pengumuman informasi
keuangan, dan perbankan.
Ø Nirkabel Berkelas Bisnis Di Semua
Tempat
Hot spot internet nirkabel cukup memadai
untuk penggunaan Web umum maupun pribadi. Hot spot biasanya diciptakan dengan
menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan suatu komunikasi yang tinggi)
dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah
yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.
Kebebasan dan kecepatan seperti ini tidak
gratis. Pertama, pengguna harus membeli kayu seluler untuk laptop mereka untuk
mengakses sinyal komunikasi seluler. Kedua, tagihan akses jaringan dapat
sebesar $80perbula atau lebih.
MENGGUNAKAN
INTERNE
e-commerce
tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan
dengan organisasi.
v World Wide Web
World
Wide Web yang disebut pula sebagai Web dan WWW, adalah
informs yang dapat diakses melalaui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan
dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat
yang unik.
Internet adalah jaringan komunikasi global
yang menghubungkan jutaan computer. World Wide Web adalah kumpuln computer yang
bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang
diformat untuk dimungkinkan dilihatnya teks, garfik, dan audio sekaligus juga
memungkinkan dibuatnya link dengaan
dokumen-dokumen lain, di dalam Web.
Berikut adalah daftar beberapa istilah
umum dalam WWW









Netscape
Navigator adalah browser awal yang digunakan untuk melihat kandungan Web dan
masih dipergunakan hingga saat ini.
File
Transfer Protocol dengan file
transfer protocol (FTP), para pengguna dapat menyalin file ke computer
mereka dari semua situs Web.
CYBERSPACE DAN
SUPERHIGHWAY INFORMASI
Istilah
cyberspace
diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakannya
dalam bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu
masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia internet dan World Wide Web.
Istilah
superhighway
informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu
kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini
biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang member akses
atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.

Salah
satu alasan utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka
oleh para pengguna computer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama
sebagai satu system tunggal yang dapat digunakan dari platform computer apapun.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet
dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,
termaksud komunikasi did lam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda
dengan jaringan standart, internet dapat digunakan oleh semua jenis platform
computer tanpa harus melakukan upaya khusus.

Kecepatan
dan kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley sytem
menunjukkan pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Pertama, dalam
system sebelumnya pembeli cenderung membeli apapun yang diinginkan oleh dokter
dan pagawai klinik lain, tanpa melihat harganya. Kedua, tingginya biaya untuk
membuat EDI membuat vendor-vendor kecil tidak tidak dapat melakukan
e-commerce dengan rumah sakit.

Aplikasi
jenis Web yang paling dikenal oleh masyarakat umum adalah Ritel. Bnyak peritel
membut home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web.
Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan took-toko lain di sutu situs
gabungan yang disebut Mal Maya (virtul mall) dengan hrapan bahwa suatu nama
mallakan lebih mudah untuk dikenal dan ditemukan daripada nama toko mereka
masing-masing.
SASARAN-SASARAN
KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Tips-tips
berikut ini dan memberikan tnggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini
kepada CIO dibidang IS.

Ketika
anda member komitmen pada suatu proyek Web, bersiplah untuk pergi ke luar
halaman Web dan mengaitkan basis data anda dengan Web melalui aplikasi-aplikasi
anda.

Hal
ini akan memungkinkan anda menangani perkembangan dimasa mendatang dan
memberikan akses cepat bagi para pengguna.

Jangan
terjebak pada gambar, audio dan video sehingg anda melupakan sasaran utama
dalam menyediakan informasi

Mengundang
para sekutu bisnis dan pelnggan yang melihat-lihat untuk selalu datang kembali.

Gunkan
internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsure lingkungna
perusahaan-kecuali pesaing tentunya.

Mendorong
pengunjung untuk mendftarkan nama, lamat dan minat mereka pada situs anda.

Lakukan
yang bisa anda lakukan untuk membuat situs web anda secepat dan seefesien mungkin.

Jika
situs Web anda tidak menghasilkan lalu lintas sebanyak yang anda harapkan,
pertimbangkan untuk mengaitkan dengan situs-situs lain,seperti situs asosiasi
dan perdagangan dan industry dan organisasi-organisasi professional.

Lihatlah
pengguna dalam situs anda dengan memberikan saran, keluhan dan seterusnya.

Pekerjaan
Web adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi.
DAMPAK INTERNET PADA
PEMBISNIS DIMASA MENDATANG
Para
pengguna internet adalah salah satu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia
muda, namun dengan berusia yang lebih tua ( dengan banyak penghasilan untuk
dibelanjakan) memiliki dampak yang substansi pada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak
langsung dibelanjakan secara online,
konsumsn sering kali menggunakan web untuk melakukan penelitian atas pembelian
mereka sebelum ke toko.
0 komentar:
Posting Komentar